LIMA

Yes, semester lima sebentar lagi berakhir. Itu berarti semakin dekat dengan kelulusan *tiup trompet*
Dari semester-semester sebelumnya, menurut gue ini semester yang paling berat, dilihat dari angle tugas UAS-nya. Kalo selama empat semester yang lalu ibaratnya bisa bikin tugas sambil guling-guling dan kayang, sekarang jangan harap men! :'(

Buat orang-orang yang beranggapan "Ya elah, anak komunikasi mah santai tugasnya" sini lo tukeran sama gue! Gak semudah yang lo pikirkan bro, tidak semudah yang gue pikirkan juga dulu waktu masi sekolah. Untungnya, gue emang tertarik dengan jurusan ini (Gue ambil penjurusan Jurnalistik) jadi biarpun berat, gue masih bisa menikmati :')

Mungkin banyak yang gak tau gue tuh dikuliahan belajar apaan si, malah banyak banget yang nyangka gue kuliah DKV soalnya kerjaan gue bikin video mulu hehehe. Oke, sedikit review tentang mata kuliah (matkul) semester ini beserta tugas-tugasnya :

1. MPK I (Metodologi Penelitian Komunikasi - kuantitatif) : 
Sip, dari awal denger namanya aja gue udah tau bakal gak minat sama nih matkul. Jadi MPK I ini belajar tahap-tahap buat menulis skripsi, yah gitu deh isinya, latar belakang masalah, permasalahan, hipotesis, dan sebagainya. Lalu mengapa MPK I? karena di semester enam akan ada lanjutannya yakni MPK II woohooo! Suka gak suka harus dijalani, karena kalo gak belajar ini bagaimana gue bisa menulis skripsi dengan baik dan benar, kalo gak tulis skripsi bagaimana gue bisa lulus :(

2. Statistik
Yes. Kayakny mau dijauhi kayak apapun tetep aja itung-itungan bakal membayangi hidup gue. Waktu SMP dan SMA gue benci banget sama matematika. Tapi kata guru matematika gue waktu SMA :

"Fero, kamu kenapa ulangannya jelek terus nak?
"Saya gak suka ngitung bu.. gak suka pokoknya"
"Kamu gak boleh benci matematika, nanti kuliah ketemu lagi itung-itungan" 
"Saya mau kuliah komunikasi, Bu"
 "Tetep ada itung-itungan nak nanti.." 

Dalam otak gue "Ah ibu boong, mana ada" Ternyata Ibu gak bohong :'''''(
Okelah ini gue bisa, Ujian kemarin dapet 100 (pertama kali dalam 5 semester dapet nilai sempurna :'''D) Tapi yah gak suka tetep, menurut gue ini gak akan kepake dikehidupan gue nanti, terserah kalo pendapat lo beda huft.

3. Pasca Produksi Radio
Ini sebenernya gue bingung, waku semester empat udah ada matkul yang namanya "jurnalistik radio" dan apa yang dipelajarin sekarang sama aja kayak semester lalu, kayak bikin-bikin siaran dan program-program radio gitu lah, sebenernya gue suka kayak ginian, tapi yah sial semester lalu dapet dosen yang ngga banget, jadi ilfil. Sementara semester ini dosennya udah tua 75 tahun, ntahlah apa yang dia bicarakan, gak paham :(

4. Indepth Reporting
Nah ini ! dari pertama denger namanya gue udah tertarik banget. Sesuai dengan namanya, pokoknya ini memperdalam sebuah kasus gitu deh, dan dalam indepth reporting, ada investigasi, dimana kita mesti menuding dan membongkar siapa pelaku kejahatan demi kepentingan masyarakat, tentunya tetap berdasarkan kode etik jurnalistik dan bukti-bukti yang valid. Asik, kece banget kan. Dan menurut gue, UAS yang terberat adalah makul ini, dimana gue harus melakukan investigasi dengan topik "Kolusi Dokter dan Farmasi" yes, berat, sulit, capek. Sekali lagi yang bilang jurusan gue santai-santai sini lo tukeran sama gue investigasiin kolusi dokter dan farmasi *timpuk*. Matkul ini bener-bener ngelatih gue baik secara nalar, mental, dan fisik buat jadi jurnalis, soalnya terjun langsung ke lapangan. Untuk tugas UAS tersebut, akan gue sajikan dalam bentuk video, dan saat ini masih dalam masa-masa stress karena baru 50%, dan narasumber belum lengkap. Kalo udah jadi bakal gue share, mungkin Januari selesai. Bukan mungkin, tapi harus! kalo gak selesai UAS gue 0 dong .. Oh iya, dosen matkul ini juga kece banget, namanya Bapak Bintang. Gak bakal bosen dengerin Pak Bintang cerita tentang pengalamannya jadi jurnalis, dan pokoknya bakal termotivasi deh :D

5. Feature Media Siar
Ini gue juga demen, bikin video feature gitu, misalnya nih tentang perjalanan ke kota mana gitu, atau liputan suatu tempat yang menarik, kuliner, profil orang, apa aja deh yang soft-soft dan gak berat kayak liputan kebakaran, macet, banjir, dan sebagainya. Untuk tugas UAS, bebas. Rencananya mau liput tentang Galeri Indonesia Kaya yang ada di Grand Indonesia, soalnya masi banyak yang belum ke sana  dan belum tau. Tadinya mau keluar kota, tapi dipikir-pikir lagi, budget cuy.

6. Pasca Produksi TV
Ini sama kayak Feature Media Siar, ntahlah apa bedanya... bahkan tugas UAS-nya sama -_- bedanya paling yah ini campur sama news juga, misalnya pas UTS ngeliput tentang Piala AFF di Gelora Bung Karno, pura-pura ada yang di studio jadi news anchor dan ada yang di lapangan jadi reporter.

7. Online Journalism
Dari namanya udah jelas, ini belajar penulisan berita di media online, misalnya ya kayak detik.com, vivanews, dan lain-lain deh. Gitu-gitu aja, xoxo.

8. Komunikasi Internasional
Kalo ini belajar hubungan internasional negara-negara lain dengan Indonesia. Tugasnya lumayan berat, tapi asik lah buat pengalaman. Kayak pas kemaren ini gue berhasil tembus Kedubes Perancis buat wawancarain mengenai hubungan Perancis dan Indonesia, dan masuknya ribet banget.. Mesti bikin surat tertulis, email, telepon, dateng janjian, segala macem, dan mesti kejar-kejar terus biar dapet respon, maklum orang kedubes mungkin sibuk. Sisanya ya dikelas belajar dan diskusi tentang hubungan negara-negara di dunia.

Di bulan Januari nanti ketika semuanya sudah tenang, lega, dan usai.. gue bakal share semua tugas-tugas liputan gue mulai dari awal semester lima :* see you..



"Jornalism : an ability to meet the challenge of filling the space" - Rebecca West






This entry was posted on Friday, December 6, 2013 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “LIMA”

  1. Hidup Jurnalistik! cheers Pak Bintang!

    ReplyDelete
  2. Benci matematika? toss dulu kitahh.. Gak suka banget.. Tapi tetep aja ketemu... Ehh. Fer, matkul lu keren2 juga yah.. Sungguh gw baru tau skrg ada matkul keren2 gitu.. Maklum, dulu kuliahnya ekonomi.. Std banget lah..haha

    ReplyDelete