Out of Body Experience

Postingan kali ini agak sedikit mistis, muahahaa...
Jadi, semalem gue baru aja ngerasain yg namanya Out of Body Experience (OBE), apa itu OBE? Hmm gimana ya jelasinnya biar enak, jadi kalo kalian tau yang namanya "Sleep Paralysis" alias rep-repan, a.k.a kereprep ato ketindihan, ituloh yang pas lagi tidur badannya kekunci kayak gak bisa gerak, mau teriak juga ga bisa, tapi sadar, nah OBE ini lanjutannya Sleep Paralysis.

Nih ilustrasi ini ngegambarin banget sleep paralysis

Sebelum masuk ke OBE gue jelasin dulu dikit tentang Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur) kenapa disebut lumpuh? ya karena yang tadi gue bilang, badannya jadi gak bisa gerak semua kayak lumpuh, nah di saat mengalami keadaan seperti ini biasa bakal disertai dengan halusinasi ngeliat makhluk halus, walau gak semuanya halusinasi kayak gini. Dalam ilmu medis, mereka mempercayai bahwa Sleep Paralysis itu terjadi akibat tubuh yang kelelahan, sirkulasi napas, dsb. Tapi kalo kata orang2 dulu, salah satunya nyokap gue, ini namanya ketindihan, alias pas lagi tidur ini kita ditindihin makhluk halus, bisa aja di dudukin, atau dicekek. Nah percaya yang mana? hahahaha. It's up to you !


Gue sendiri uda sekitar 5x mengalami ketindihan ini, pertama kali begini sumpah takut banget, langsung berdoa dalem hati, bener-bener panik gila, tapi setelah yang ke 4 dan 5 gue udah mulai agak tenang, walaupun tetep berasa gak enak waktu badan gak bisa gerak. Nah, saat gue mengalami ini, 3x gue liat bayangan item gede kira-kira 2 meter gitulah, bersiluet manusia. Pas ngeliat begini gue langsung deg-degan setengah mampus, terus gue bakal merem lagi. Gue adalah manusia penasaran, akhirnya gue browsing mendalam mengenai fenomena ini, eaaa... fenomena. Ternyata, ada tahapan lanjutan setelah Sleep Paralysis, yaitu yang tadi gue bilang, Out of Body Experience (OBE). Itu bahasa Inggris kalo diterjemahin ya artinya pengalaman keluar dari tubuh, wooo ngeri banget gak sih? tapi kalian gak harus bilang wow kok :') Oke lanjut, jadi caranya itu, pas lagi ketindihan, kita harus tenang terus paksa tubuh kita buat bangun, nah pada saat itu kita bakal ngerasain OBE, kita bisa keluar dari tubuh trus bisa ngeliat tubuh kita sendiri yang lagi tidur. Penasaran ini semakin berkelanjutan setelah temen sekelas gue si sinsoe ternyata pernah mengalami OBE, dia pernah ngebahas tentang ginian di sini. Betenya, di saat gue lagi penasaran-penasarannya gue malah gak ngalamin lagi ketindihan, terus temen gue yang lain si Jesse juga ngalamin OBE, abis dia cerita-cerita rasa penasaran gue semakin menjadi-jadi, dan gue sebel ! T_T


Nah! Baru aja semalem, gue tidur seperti biasa, posisi lagi terlentang, tiba-tiba gue gak bisa ngegerakin seluruh anggota tubuh gue, kali ini beda banget sama pertama kali gue ketindihan, waktu pertama kali gue takutnya setengah mampus, kali ini gue malah girang pas tau gue gak bisa gerak. Gue langsung mikir, oke kali ini gue harus keluar dari tubuh gue (agak freak juga sih, abis penasaran cyiinnn ..) Gue paksa angkat tangan kiri gue, daaaan berhasil, gue ngerasa tangan gue ringaaaaan banget, mungkin gak ada beratnya sama sekali. Saat itu gue masih merem, gue gak berani buka mata karena gue ngerasa di depan gue banyak makhluk lain yang ngeliatin gue, salah satunya sih bayangan item yang sering muncul itu, jadi gue cuma ngintip dikit-dikit dan gue liat tangan gue gerak-gerak, warnanya putih kayak bayangan, hmm transparan gitu dan gue liat tangan asli gue diem aja di kasur. Wah asli gue ngeri sendiri.. terus badan gue juga berasa ringan banget, gue coba bangun dan itu bener-bener ringan, gue ngerasa uda keluar dari badan sekitar sampe bahu gitu, tapi gue gak berani lanjutin, soalnya ringan banget.. gue ngerasa kalo gue lanjutin gue bakal lepas dari badan gue dan gue takut gak bisa balik lagi, saat itu mata gue tetep merem karena gue ga brani liat badan gue sendiri, akhirnya gue coba tidurin lagi, dan gak lama badan gue gak enak banget, kayak balik lagi ke tahap sleep paralysis, terus pas gue mau gerakin malah OBE lagi, dan begitu seterusnya sampe pada akhirnya gue bener-bener bangun dengan sadar dan dengan badan gue seutuhnya.


Lalu? Oke gue puas karena akhirnya rasa penasaran gue terbayarkan, sebenernya masi penasaran sih kalo dilanjutin itu bakal keluar dari badan apa gimana, tapi cukup deh sampe sini aja, gue gak berani lanjutin, yakali nanti ada berita gue mati pas lagi tidur -_- Setelah baca postingan ini, terserah kalian mau percaya, gak percaya, menganggap gue aneh, takut, dsb, gue hanya membagikan pengalaman gue :) Gue sendiri, masi abu-abu antara percaya ini dalam segi medis atau mistis, karena menurut gue bisa 22nya, biarlah ini menjadi misteri Ilahi kayak lagunya Ari Lasso. 


OBE was fun

This entry was posted on Wednesday, October 31, 2012 and is filed under ,,,,,,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

8 Responses to “Out of Body Experience”

  1. gue baru tau loh itu OBE.. gue sering banget pas sleep paralysis, trus gue paksa gerak dan gue duduk, angkat tangan, tapi merem, jd ga liat soalnya butuh konsentrasi gitu.. untung aja gue ga lari2 trus ga bs balik.. hahaha..

    i thought it was just my halusinasi, ternyata OBE ya? maklum, gue tanya temen2 gue, eeeeh malah jawabnya itu masalah kecapean (medis banget -_-') hahaha

    ReplyDelete
  2. Halo sis, salam kenal. Gue baru pertama kali mampir kesini..
    Setelah gue baca, menarik bgt ya sis. Soalnya emang gue juga kepo dengan hal ginian. Udah lama bgt emang browsing di google. Dan emang di kuliah gue dulu pernah dibahas ( Jurusan Psikologi ).
    Jadi begini, OBE itu emang dibilang Out Of Body Experience itu karena memang pada saat orang yg ngalamin ini, mereka selalu merasa bisa keluar dari badannya sendiri. Gejalanya ya sama kya yg lu alamin. Pertama ringan dan kalo dilanjutin bisa sampe melayang bener2 sampe di atas badan kita 1 meter.
    Ada bbrp kasus yg bahkan mereka bisa ngeliat dengan jalas badan mereka yg lagi tidur.
    Kalo mau dijelaskan pake ilmu Psikologi si, ini hanya permainan otak, hehe.. Memang unsur kecapean dan stress itu bisa jadi. Tapi ini bisa kita yang buat sendiri loh.. Ada bbrp orang yg bisa suka2 kapanpun mereka mau ngalamin OBE. Karena menurut mereka asik-asik aja gitu..
    Kalo lebih lanjutnya ada juga yg namanya Luvid Dream. Nah itu tadi, orang2 yg bisa ngebuat mimpinya sendiri. Tapi ya hrus tetep ngelewatin tahap2 sleep paralysis, OBE, baru bisa ke Luvid Dream.
    Jadi bisa mimpi apapun yg dimau deh! Mau mimpi ketemu Brad Pitt juga bisa. Keren yah? hehe..
    Maap jadi panjang.. cuma seneng aja ada yg ngebahas tentang ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. OBE sama lucid dream itu beda. jadi bukannya obe dlu baru bisa masuk ke lucid dream, ga begitu.. lucid dream lebih ke pengendalian mimpi tapi sadar, kalau OBE itu bukan mimpi dia nyata emg ada yg keluar dari tubuh kita, kata orang itu namanya vragel. Vragel beda sama roh lho ya, kalau roh yg kluar itu namanya mati xixixiii..

      Delete
  3. Ah mahap perbaikan sedikit..
    Gue salah nyebut, yg bener "Lucid Dream" bukan Luvid.. Hahahahaah jadi malu...

    ReplyDelete
  4. waaah thanks banget uda share penjelasanya, jd lebih clear deh semuanya :)

    ReplyDelete
  5. ihh, gua sering kayak gitu..
    jadi serem mikirnya, tapi tetep penasaran sih..

    ReplyDelete
  6. Wah sumpah habis baca penasaran pengen rasain. Tapi akhir2 ini gw gk pernah lagi rasain sleep paralysis. Kalo perkara ngendaliin mimpi gw pernah tuh pas mimpi gw pengen dengan amat sangat bertemu dengan seseorang bahkan minta terbang. Kun fayakun akhirnya 'answer to my prayer' deh. Kalo out of body xp bisa terbang kyk di mimpi pasti asyik! Tapi kalo gk bsa balik? Pikir 2 kali mungkin yaah. Appreciated deh nih postingan.

    ReplyDelete