Antara

Hari ini dalam rangka menyambut 17 Agustusan, gue pergi ke kantor berita . Bohong deh, yakali penting banget. Jadi, tanpa direncanakan gue mengunjungi kantor berita Antara di Pasar Baru bersama si @joshgund. (Mentang-mentang anak Jurnalistik mainannya ke kantor berita dong.. wuhuu) Tadinya ke Pasar Baru cuma mau beli aksesoris buat kamera, terus karna si josh ngomongin ni tempat akhirnya yaudah liat aja daripada penasaran.. Letaknya tuh di Pasar Baru belakang. Lumayanlah buat menambah jiwa nasionalisme di saat-saat menjelang hari kemerdekaan RI.

Mungkin kalian kurang tertarik baca postingan gue yang kali ini, yaiya tentang kantor berita, yaudah yang mau baca aja.. yang ngga monggo kalo mau di close. hehehe

Ini kantor tampak depan, kecil kantornya

Nah sedikit sejarahnya, Kantor Berita Antara itu apaan sih? Jadi kantor ini didirikan pada tahun 1937 oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawagoena. Saat itu tuh pemuda-pemuda ini lagi semangat-semangatnya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pokoknya pada puncaknya tanggal 17 Agustus 1945 ni kantor berita berhasil menyiarkan kemerdekaan republik Indonesia ke seluruh dunia dan plosok Indonesia. Tahun 1962, ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia.

kantornya naik dulu ke atas, di bawah lagi ada pameran foto


Ini beberapa peninggalan wartawan pada era proklamasi :





Lagi ada pameran foto bertema Mekah juga di sini, kayaknya ini rutin deh, tiap berapa bulan dia bakal bikin pameran foto dengan tema yang berbeda, yang minta fotografi bisa mampir-mampir ke sini :)

kayak gini ruangannya.. terus ada ruangan lagi di atas tapi ga boleh masuk, katanya sih museum pribadi, mungkin kayak tempat simpen arsip gitu, yang pasti ni gedung uda di rombak banget soalnya uda modern banget, gatau deh dulunya kayak apaan..

Ada jual sovenir juga di sini, si josh beli stiker bungkarno 5 biji. terus minta bonus 1. hahaha


 Kalo sekarang si kantor berita antara ya uda maju dan punya banyak partner di luar negri, detail-detailnya gue gatau dan ga begitu tertarik banget sih buat nyari tau, yang pasti dia sekarang dia ada portal berita online yaitu http://www.antaranews.com ya semacam detik.com vivanesw dll lah. Oke cukup sekian postingan gue yang agak sedikit membosankan ini buat kalian, just want to share everything that happened in my life :)

Nb: Sekalian nyoba fish eye lens externder wuhuuu

"Sudah enam bulan kita merdeka, sesudah enam abad, masih merdeka. Sekali merdeka tetap merdeka" - Soekarno 17-2-46 -

This entry was posted on Wednesday, August 15, 2012 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply