Berkorban :)

Untuk kesekian kalinya gue ingin bercerita tentang pengalaman di bus. Bener-bener deh ga ada abisnya ceritain sgala hal yang gue alamin di bus, pasti ada aja yang mau gue ceritain. Biarpun sesuatu yang kecil dan bahkan menurut kalian mungkin gak penting, tapi menurut gue ini sangat berharga buat dipetik nilai-nilai kehidupannya. #eaaa


Jadi, akhir-akhir ini tuh lagi musim ujan, dan bahkan kemarin banyak banget pohon dan billboard yang tumbang gara-gara angin yang kenceng abis, alhasil jalanan macet total dan gue berjuang hidup 3 jam Tangerang-Jakarta  di dalam bus yang sangat padat penumpang T.T.
Tapi gue ga mau bahas yang kemarin, mau bahas yang hari ini aja..

Jadi hari ini... ujan lagi ! bahkan lebih deres dari kemarin. Untungnya ujannya pas di lampu merah yang uda deket tempat tujuan gue, kira-kira ga nyampe 10 menit juga sampe lah. Gue menunggu 120 detik sampai lampu merah bertransformasi menjadi lampu hijau, dan jeng jeng.. kok bus nya diem aja..
Pak supir terus mencoba menstarter bus nya, tapi hasilnya nihil. 
lampu merah telah berganti menjadi lampu hijau sebanyak 4x, dan bus yang gue tumpangin tetep anteng ditempatnya ._.
hari sudah semakin gelap, lampu dalam bus pun tidak menyala karena mesin mati. Hujan semakin deras.. ini sungguh ironis. Pak supir hopeless dan berkata "ini harus di dorong bus nya.."
kalian pasti tau lanjutannya kan? ya.. siapa yang mau dorong? siapa yang mau basah kuyup? siapa yang mau cape dorong bus yang penumpangnya overload gitu?

karena gak ada yang mau turun, mau ga mau akhirnya gue... 
juga ga turun (halah). 
Oke kali ini satu bus bingung, ini gimana. mau turun ga mungkin, tujuan masi jauh kalo jalan kaki, dan ujan nya deras banget, nunggu dalem bus mau sampe kapan, mana gelap gulita, panas membara.. dari muka-mukanya sih kayaknya penumpangnya galau semua.
Beruntunglah masi ada orang-orang yang mau BERKORBAN mendorong bus di tengah hujan deras tersebut. Siapa mereka??
PARA PENGAMEN ! saat itu ada 6 pengamen di dalem bus (ga nyantai gitu jumlahnya). Kebetulan pengamennya lagi yang bergrup gitu, 3 orang 3 orang. nih mereka dari lokasi yang berbeda, tp masi stay di bus karena ujan gede, jadi skalian berteduh dulu gitu.
 
Pertama tu satu orang pengamen yang inisiatif, "kita ajalah yang dorong, kaloga siapa yang mau dorong"
akhirnya gara-gara 1 orang itu, beberapa pengamen turun dan dorong bus..
tapi.... bus nya tetep ga jalan T.T mereka ga cukup kuat untuk mendorong bus yang penumpangnya overload itu, terus pengamen sisanya akhirnya turun juga dorong bus, terus .. bus nya tetep ga jalan...
akhirnya mereka ber 6 masuk lagi ke bus, udah basah kuyup semua, terus salah satu ngomong "bapak-bapak tolong donk ada yang turun bantuin, kita ga kuat berat banget"
lalu? ya.. ga ada yang ladenin. malah ada seorang bapak nyeletuk "kalo ga ujan juga gue turun"
ya gue ngerti sih, siapa yang mau basah kuyup gini.. gue sempet berpikir mau turun loh, tapi kayaknya sama aja boong satu orang cewek kurus kayak gue dorong-dorong bginian -,- yang ada malah nyari penyakit sendiri.. jadinya ya gajadi mikir gitu.

Para pengamen gak putus asa, mereka turun lagi dan kembali mendorong bus.
Sambil diiringi canda tawa dan kalimat-kalimat pembakar semangat "satu dua tiga DORONG !! HAHAHHA" mereka akhirnya berhasil membuat mesin bus kembali menyala. Mereka masuk kembali ke bus dengan wajah gembira tanpa menggerutu sama sekali. Semua penumpang pun sampai di tempat tujuan.

that's it..

BERKORBAN.
Susah banget nyari orang yang mau berkorban di jaman sekarang ini.
gue appreciate banget sama para pengamen ini,
kalo gada mereka, gue sama penumpang yang lain pasti madesu ga tau sampe kapan di dalem bus ini.
soalnya ni bus ya ga akan jalan mesinnya kalo ga di dorong, sementara ujan ga berenti bahkan sampe sekarang gue nulis ini masi gerimis. 
TANPA PAMRIH
Mereka ga berkeluh kesah, justru menjadikan hal ini sebagai becandaan dengan teman-temannya. Tertawa lepas setelah mesin berhasil nyala. Masuk ke dalam bus dengan tak ada satu sisi pakaian pun yang kering, tapi tetap tersenyum lebar. Sementara para penumpang? yang ada hanya berkeluh kesah dan menggerutu "kok mogok sih" "aduh gimana nih" "gerah woiii" "yah ujannya tambah gede". tanpa ada seorang pun yang mau berkorban untuk ini.
Bahkan para laki-laki yang bertubuh kekar dalam bus ini juga hanya bisa menggerutu tanpa bisa membantu.

gue ga menyalahkan penumpang, ya ini ujan gede banget, pasti bakal basah kuyup, dan gak semua penumpang rumahnya uda deket, bisa juga kan lanjut naik apalagi, uda gitu bawa barang-barang ini itu. sungguh ribet juga kalo mau bantu.

jadi inti post ini, tepatnya bukan kekecewaan pada orang-orang yang gak mau membantu..
melainkan rasa appreciate gue kepada mereka yang uda mau berkorban demi banyak orang yang ada dalam bus ini, dan rasa terimakasih gue buat para pengamen tersebut.
dan sebuah pertanyaan ..

"bersediakah kita berkorban untuk orang lain?"


This entry was posted on Friday, January 6, 2012 and is filed under ,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Berkorban :)”

  1. baca post ini jdi tersentak juga, jaman sekarang emang terbilang jarang orang yang maw berkorban.. =)salut bwt pengamen2 itu

    ReplyDelete